Mari kita tingkatkan pola hidup sehat, budayakan sering cuci tangan, Jaga jarak, cegah covid-19                                                                                                                                                                                                                                                               

Sabtu, 22 Juni 2024

PRESTASI POLITIK ROHIDIN DI GOLKAR

Samsu Amanah: “Sebagai Sekretaris Saya All Out Dukung Strategi Pak Rohidin”

Oleh Lekat S. Amrin



BAGI partai Golongan Karya, Dr. Rohidin Mersyah adalah figur fenomenal. Bahwa penampilan sederhana ternyata telah terlampaui jauh oleh prestasi yang dicapainya. Sebagai Ketua DPD Golkar Provinsi Bengkulu tentu sangat tidak gampang menjadikan partai ini keluar sebagai pemenang, di saat waktu diberikan baru satu priode pertama sebagai ketua.

Pemimpin fenomenal selalu punya ruang untuk diperdebatkan, termasuk posisinya sebagai Gubernur sedang menjabat, sekaligus menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Provinsi Bengkulu. Tetapi ketika bicara data maka prestasi yang dicapai tidak bisa terbantahkan. Golkar menduduki Ketua dengan kursi terbanyak di DPRD Provinsi Bengkulu diraih kembali sejak kepempinan Rohidin saat ini, dalam sepanjang sejarah reformasi di Bengkulu. Bahwa kursi terbanyak sebelumnya, sejak dipegang oleh Drs. Sulaeman Efendi (alm) sebagai Ketua Dewan dan Ketua Golkar pada penghujung orde baru.

Pada Pemilihan Legislatif tahun 2024, dimana kompetisi sangatlah ketat dengan kompetitor partai penguasa yaitu PDI Perjuangan. Kehadiran partai baru produk reformasi, seperti Nasdem, Gerindra, Hanura adalah pecahan partai berlambang beringin yang membuat partai politik sendiri, otomatis menjadi lawan tanding untuk memperebutkan basis massa yang sama.

Disitulah dapat memberikan label bahwa Rohidin Mersyah sebagai pimpinan partai Golkar fenomenal, ketika pertarungan sesengit itu dapat dimenangkan dengan telak. Bahwa betul untuk DPR RI, Golkar hanya dapat mempertahankan satu kursi, tetapi perolehan satu kursi itu dengan capaian suara tertinggi dibanding partai lain, bahkan hampir mencapai dua kursi. 


Samsu Amanah, Sekjen Golkar Bengkulu


Untuk kursi DPRD Provinsi Bengkulu, pada Pileg 2024 ini sebanyak 10 kursi, dan sebelumnya hanya mampu 7 kursi, artinya dipastikan akan menjadi Ketua Dewan. Priode sebelumnya persis sama dengan PDI Perjuangan juga 7 kursi, hanya yang menjadikannya sebagai ketua dewan 2019-2024 karena Golkar kalah tipis perolehan suara.

Sementara untuk DPRD Kabupaten dan Kota, hanya 1 kabupaten dan 1 Kota Partai Golkar yang tidak mendapatkan pimpinan dewan, yaitu DPRD Bengkulu Tengah, dan DPRD Kota Bengkulu. Sementara DPRD yang berhasil sebagai ketua dewan yaitu Kabupaten Mukomuko, dimana Ketua DPD Golkar-nya mantan Bupati Chairul Huda. Kemudian DPRD Kaur juga tetap mampu mempertahankan posisi ketua, dimana Ketua DPD Golkar-nya, mantan Bupati Gusril Pausi. Sisanya di DPRD 6 Kabupaten lain semua mendapatkan pimpinan dewan di posisi wakil ketua.

Tentu kesuksesan ini tidak serta merta hanya ditentukan pada strategi personal, melainkan strategi teamwork. Posisi sekretaris jendral yang dijabat Samsu Amanah sangatlah penting. Dalam percaturan politik justru Samsu Amanah adalah figur yang sudah sangat berpengalaman. Dia pernah satu priode menjadi Ketua dewan di DPRD Kaur, satu priode wakil ketua  DPRD Kaur, dan setu priode anggota biasa.

Selanjutnya saat ini menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu sebagai Wakil Ketua, dan jabatan di DPD Golkar provinsi sebagai sekretaris. Dan kini terpilih kembali untuk priode kedua di DPRD Provinsi Bengkulu. Dengan pengalaman panjang itulah yang membuat Rohidin Mersyah memilihnya sebagai Sekjen. Dan strategi yag dimiliki Rohidin dalam membesarkan partai Golkar Bengkulu dapat diterjemahkan dengan baik oleh Samsu Amanah.

Dalam interview singkat dengan penulis, Samsu Amanah mengatakan, dia sebagai Sekjen selalu berkomunikasi intensif dengan Rohidin Mersyah selaku Ketua DPD, apa lagi terkait strategi Golkar menjelang Pileg 2024 lalu.

“Sebagai Sekjen saya all out mendukung strategi pak Rohidin Mersyah, terkait semua agenda besar Golkar,” kata Samsu Amanah.

Dan prestasi politik Rohidin Mersyah itu tidak terlepas sejauh mana kapasitasnya sebagai ketua melakukan manajemen sumber daya manusia yang dimiliki partai Golkar dengan cermat. Mulai dari SDM level provinsi hingga SDM di tingkat desa. 

Berikut tantangan DPD Golkar Bengkulu yang kembali harus diuji yaitu di pertarungan Pemilihan Kepala Derah. Saat ini semua kader Golkar yang akan dimajukan masih di survey pada semua daerah oleh Lembaga Survey Pusat Demokrasi dan Hak Azasi Manusia (Pusdeham).

Tetapi Rohidin Mersyah yang sekarang juga ikut disurvey untuk Calon Gubernur, merasa yakin pada kompetisi Pilkada 2024 ini Golkar akan mampu meraih kemenangan untuk Kepala Daerah (KDH).  Baik KDH Provinsi atau Gubernur, Wali Kota dan Bupati. (*)

Penulis adalah Ketua Forum Komunitas Peduli Bengkulu (FKPB) Provinsi Bengkulu, dan Pimred Fokus Bengkulu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar